Hindari 5 Makanan Ini Bila Tidak Ingin Rambutmu Rontok

Selain kulit, bagian-bagian tubuh yang juga harus dianggap sehat adalah rambut. Rambut yang tebal, bersih, kuat dan sehat pasti akan meningkatkan kepercayaan diri. Terutama mengingat wanita menganggap rambut sebagai mahkota.

Rambut pada tubuh manusia timbul dari epidermis atau kulit luar, meskipun sebenarnya berasal dari folikel rambut jauh di bawah dermis. Untuk menjaga kesehatan rambut, biasanya diperlukan seseorang mencuci rambutnya setidaknya dua kali sehari.

Tetapi untuk menjaga kesehatan kepala mahkota, Anda tidak bisa hanya mencucinya atau memilih produk perawatan rambut terbaik. Pasalnya, seperti halnya rambut kulit juga membutuhkan nutrisi dari tubuh yang berasal dari makanan.

Nah, ternyata tidak semua makanan itu baik untuk kesehatan rambut, bahkan ada yang bisa menyebabkan rambut rontok jika dikonsumsi berlebihan. Untuk menghindari ini, tulis! Berikut 5 makanan yang tidak baik untuk kesehatan rambut seperti dilansir hellosehat.com brilio.net, Jumat (27/4).

1. Makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi.

Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi biasanya makanan manis seperti permen, nasi putih, roti putih, pasta, margarin atau kue. Jenis makanan ini dapat menyebabkan gula darah meningkat. Ketika tubuh memproses gula dari makanan, hormon insulin akan memberikan respirasi untuk meningkatkan glukosa. Kondisi ini menyebabkan kadar androgen meningkat dan akan mempengaruhi kantung kelenjar (folikel) pada kulit kepala. Menurut Prevention, Christy Brisette, RD, presiden 80 Twenty Nutrition menyatakan bahwa peningkatan kadar androgen menyebabkan folikel rambut menyusut. Inilah yang menyebabkan rambut rontok dan secara bertahap memudar.

2. Makanan kaya protein hewani.

Sebenarnya, protein hewani yang terkandung dalam daging merupakan zat penting untuk kesehatan rambut, karena dapat memperkuat dan menebalkan rambut. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, maka akan menyebabkan rambut menjadi kurang sehat. Lebih baik menambahkan makanan berserat tinggi ke diet Anda seperti brokoli, bayam, tahu atau gandum yang juga mengandung asam amino yang membentuk keratin. Dimana keratin adalah zat utama yang membentuk rambut.

3. Ikan dengan kandungan merkuri tinggi.

Diketahui bahwa crystal x beberapa jenis ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mencegah peradangan dan memicu pertumbuhan rambut. Namun, ada beberapa jenis ikan laut yang telah terkontaminasi merkuri. Merkuri yang terkandung dalam ikan ini dapat menjadi racun bagi kesehatan rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Beberapa jenis ikan yang umumnya tinggi merkuri adalah mackerel dan tuna, sedangkan yang merkuir dari jenis ikan rendah adalah ikan salmon.

4. Makanan dengan kandungan selenium tinggi.

Jenis-jenis makanan yang mengandung selenium tinggi adalah tuna, daging sapi atau nasi putih. Selenium sendiri adalah mineral yang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan. Penggunaan makanan yang berlebihan ini akan meningkatkan kadar selenium dalam darah. Menurut LiveStrong, ini akan mempengaruhi rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

5. Makanan tinggi lemak jenuh.
Lemak jenuh dikenal sebagai salah satu zat yang tidak baik bagi tubuh. Tak hanya itu, ternyata makanan tinggi lemak jenuh juga memengaruhi kesehatan rambut. Lemak jenuh bisa menyumbat pori-pori di kulit, bahkan di kulit kepala. Ini bisa menyebabkan kerontokan rambut. Jika Anda pernah mengalami ini, sebaiknya hindari makanan yang digoreng atau dipanggang dengan margarin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Telinga Sulit Mendengar Saat Di Pesawat?

Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Tubuh

Lari Cepat Sprint Cepat Bantu Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?